Manfaat dan khasiat dari kandungan kayu manis

manfaat dan khasiat dari kandungan kayu manis

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas manfaat dan khasiat dari kandungan kayu manis.Kayu manis merupakan salah satu rempah Indonesia yang bernama latin Cinnamomum verum.

Rempah ini diambil dari pohon kayu manis yang awalnya banyak tumbuh di Sumatra Barat di daerah sekitar padang.Kayu manis berbentuk seperti pipa .Tak heran bila orang Perancis menyebutnya cenelle dan orang Belanda menyebutnya kaneel yang artinya pipa atau terowongan.
Kayu manis merupakan bumbu makanan tertua yang digunakan di Mesir kuno sekitar 5000 tahun lalu.Di cina sendiri telah digunakan sebagai obat obatan sekitar tahun 2700SM sebagaimana tercatat dalam buku obat obatan cina.Kayu manis mempunyai beberapa jenis, yaitu cassia, ceylon, dan saigon.
Jenis kayu manis cassia dapat dikenali dengan melihat warnanya yang cokelat tua dan cenderung lebih gelap.Kurang manis dan teksturnya lebih keras.Penghasil kayu manis cassia ini adalah Cina, Indonesia, dan Vietnam.Sedangkan untuk ceylon dapat kita kenali dari warnanya yang cokelat muda, tekstur lebih lembut dan rasanya yang lebih manis.Penghasil kayu manis ceylon ini adalah Sri Lanka, Brasil, Madagaskar, India, dan Karibia..Dan untuk saigon lebih mirip ke cassia tapi rasanya lebih manis dan harganya lebih mahal.
Yang harus diperhatikan dalam penyimpanan kayu manis adalah, wadah harus kedap udara disimpan di tempat yang gelap.Kayu manis halus akan mulai kehilangan rasa setelah beberapa bulan penyimpanan.Sedangkan untuk yang masih batangan bisa bertahan sampai sekitar 1 tahun.

Beberapa manfaat dan khasiat dari kandungan kayu manis:

  • Menghangatkan tubuh.
Manfaat kayu manis sebagai penghangat tubuh sudah dipercaya sejak dulu.Pada masa penjajahan para penjajah mencari rempah rempah dalam hal ini khususnya kayu manis untuk dibawa ke negaranya untuk persiapan musim dingin karena kandungan yang terdapat dalam kayu manis dapat menghangatkan tubuh.Kandungan anti inflamasi yang terdapat dalam kayu manis juga dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah dalam tubuh dan juga dapat meredakan demam dan influenza.

  • Mengontrol, mencegah, dan mengobati diabetes.
Jika kita menkonsumsi kayu manis secara signifikan dan teratur dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah dan meningkatkan respon insulin.Kayu manis mengandung senyawa bioflavonoid yang dikenal sebagai proantosianidin.Hal ini dapat mengubah aktivitas insulin dalam sel sel lemak.

  • Mencegah penyakit jantung.
Zat anti inflamasi yang terdapat dalam kayu manis juga bisa melindungi jantung dari bakteri maupun infeksi yang dapat mengganggu jantung.

  • Mencegah penggumpalan darah.
kandungan Cinnamaldehyde dalam kayu manis juga dapat mencegah penggumpalan darah.Kayu manis mengeluarkan zat arachidonic atau asam lemak anti peradangan  yang berfungsi sebagai pencegah penggumpalan darah dan radang.

Nah itulah beberapa manfaat dan khasiatnya Dan masih banyak lagi manfaat dan khasiat dari kandungan kayu manis.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »